info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Abaikan Surat Mendagri, Bank Tetap Buka Pada Hari Pencoblosan Pilgub | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Tuesday, 23 July 2019

Abaikan Surat Mendagri, Bank Tetap Buka Pada Hari Pencoblosan Pilgub

Published on August 28, 2013 by   ·   2 Comments
SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)-Surat keputusan menteri dalam negeri nomor 270-4819 tentang penetapan hari pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur sebagai hari yang diliburkan di Propinsi Jawa Timur, ternyata diabaikan oleh dunia perbankkan yang berada di Jawa Timur khususnya di Sidoarjo.

Salah satu bank di Sidoarjo

Padahal surat Kemendagri yang dikuatkan dengan surat gubernur Jatim tertanggal 13 Agustus 2013 dengan nomor 181.4/16677/011/2013, dengan jelas menyebutkan bahwa pada Kamis tanggal 29 Agustus 2013, ditetapkan sebagai hari libur.

Dari informasi yang berhasil didapatkan dari beberapa karyawan bank di Sidoarjo baik dari BNI,BRI, Bank Jatim maupun beberapa bank yang lain, Pada Kamis (29/9/2013), mereka tetap masuk untuk melayani nasabah.

Tidak ada keputusan untuk libur bagi mereka dari manajemen bank, meskipun sudah jelas disebutkan hari pemungutan suara Pilkada Jatim ditetapkan sebagai hari libur.

“Besok (kamis) tetap buka melayani nasabah,” terang salah satu karyawan yang enggan disebutkan namanya pada Rabu (28/8/2013).

Dengan masuknya karyawan bank ini, secara otomatis hak politik yang dimiiki karyawan bank menjadi terganggu.

Pasalnya, karyawan bank yang ada di Sidoarjo, ternyata sebagian warga dari luar Kabupaten semisal Mojokerto dan Pasuruan.

KPU Nilai Perbankkan Langgar UU Pemilu

Tidak diliburkannya karyawan bank di Sidoarjo saat hari H pencoblosan Pilgub Jatim 29 Agustus 2013 besok, dinilai KPU Kabupaten Sidoarjo sebagai keputusan yang melanggar Undang-Undang.

Pasalnya, dalam pasal 86 UU no 32 tahun 2004 tentang Pemilu tegas disebutkan, bahwa pelaksanaan pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

“Undang-undang itu sudah jelas dan tidak perlu ditafsirkan macam-macam. Seluruh instansi baik itu PNS maupun pegawai swasta bahkan karyawan bank sekalipun, wajib libur untuk menyalurkan hak politiknya pada pelaksanaan pemungutan suara,” terang Bima Ariesdiyanto ketua KPU Kabupaten Sidoarjo dikonfirmasi terpisah.

Masih menurut Bima, jika klaim Perbankkan yang tidak memberi waktu libur pada hari H pemungutan suara, karena ikut aturan Bank Indonesia.

Maka yang dipertanyakan, apakah ada kepastian setiap karyawan Bank bisa menyalurkan hak pilihnya pada hari H.

“Jika gara-gara masuk kerja karyawan bank tidak bisa memilih, maka pihak Bank bisa dianggap menghalang-halangi seseorang untuk menyalurkan hak pilihnya,” tutup Bima. (Abidin)

Readers Comments (2)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Songsong Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Gencarkan Sosialisasi Pemanfaatan Formulir A5

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Tahapan sosialisasi menjelang Pemilu 17 April ...

Capaian Istimewa Direktur RSUD Sidoarjo, Raih PPT Pratama Teladan 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Penghargaan diraih Direktur RSUD Sidoarjo, dr. ...

Validasi Data Pemilih Tetap, KPU Terus Sosialisasikan Posko GMHP

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu, ...

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis