info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Jangan Tergesa Bubarkan UPTD Pendidikan | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Wednesday, 15 August 2018

Jangan Tergesa Bubarkan UPTD Pendidikan

Published on October 12, 2017 by   ·   No Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Eksistensi UPTD Pendidikan Dasar menjadi isu yang cukup hangat diperbincangkan.

Lembaga yang menjadi kepanjangan dari Dinas Pendidikan ini dibubarkan setelah dikeluarkannya PP No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Wabup Nur Ahmad syaifuddin

Dalam PP No 18 Tahun 2016 tersebut diatur secara terperinci sejumlah organisasi perangkat daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Pendidikan yang termasuk urusan pemerintah yang bersifat wajib, yang berkaitan dengan pelayanan dasar pada PP tersebut tidak mengakomodir keberadaan UPTD yang berkedudukan di tingkat kecamatan.

PP tersebut hanya mengenal dua jenis perangkat pendidikan yaitu Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan.

Tidak diakomodirnya lembaga setingkat UPTD Pendidikan Dasar dipertegas dalam bagian kedua dari PP tersebut yang mengatur tentang susunan organisasi perangkat daerah kabupaten/kota.

Dalam Pasal 83 ayat 3 diterangkan, susunan unit pelaksana teknis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak berlaku bagi unit pelaksana teknis yang berbentuk satuan pendidikan, pusat kesehatan masyarakat, dan rumah sakit.

Meski PP tersebut dikeluarkan dengan berbagai kajian yang komperhensif tetapi pada tataran implementasinya hal ini tentu tidak akan mudah untuk dilaksanakan, apalagi pembubaran UPTD Pendidikan Dasar akan berdampak pada berbagai persoalan mendasar penyelenggaraan pendidikan.

Karenanya Wakil Bupati Sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifuddin meminta penghapusan UPTD itu tidak tergesa-gesa diterapkan di Kabupaten Sidoarjo.

“Salah satu pasal dalam PP tersebut tidak dikenal lagi nama UPTD (Unit Pelayanan Teknis Dinas) alias dihapuskan, hal ini tentunya mengundang polemik bagi para pegawai yang ada dilingkungan UPTD. Salah satu yang paling akan terdampak adalah UPTD Pendidikan Dasar dilingkungan Dinas Pendidikan,” jelas Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Kamis (12/10/2017).

Masih menurut Wabup, Di Kabupaten Sidoarjo saja, ada 18 UPTD yang berada di 18 kecamatan.

Jika 1 UPTD terdiri dari seorang kepala UPTD dengan staf sekitar 10-20 orang, bisa dibayangkan berapa ratus pegawai yang akan terkena dampak

“Kita minta jangan tergesa hapus UPTD dinas pendidikan.Kalau ada persoalan di tingkat SD, apakah seluruhnya bisa tuntas dengan cepat di Dikkab,” ungkap Wabup.

Karenanya Wabup berharap, kalau memang diperlukan ada inovasi untuk bisa memaksimalkan keberadaan UPTD pendidikan ini, maka seyogyanya itu dilakukan dulu.

“Intinya jangan tergesa gesa dulu membubarkan UPTD ini, toh daerah lain masih banyak yang juga belum bereaksi melakukan pembubaran. Kota lihat manfaat dan mudzorotnya dulu,” tutup Wabup. (Abidin)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

RSD Sidoarjo Raih Indonesia Markets Festival

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Pelayanan publik RSUD Kabupaten Sidoarjo, berhasil ...

Seribu Lebih Atlit Bulutangkis Ikuti Kejurkab Piala Bupati Sidoarjo

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com) - Seribu lebih atlit bulutangkis dari ...

Hari Peduli Sampah Nasional, ZWA 4 Sosialisasi Metode Takakura

WONOAYU (kabarsidoarjo.com)- Zero Waste Academi (ZWA) kelompok 4 ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis