info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Permenkes No 40 Tahun 2018 Turun, Skema Pendanaan KPBU RSUD Sidoarjo Barat Semakin Kuat | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Saturday, 20 October 2018

Permenkes No 40 Tahun 2018 Turun, Skema Pendanaan KPBU RSUD Sidoarjo Barat Semakin Kuat

Published on September 17, 2018 by   ·   No Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Keinginan Pemkab Sidoarjo untuk membangun rumah sakit Sidoarjo barat dengan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha yang selanjutnya disingkat KPBU, kini memiliki landasan hukum yang jelas.

Hal ini setelah turunnya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 40 tahun 2018, Tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan badan usaha, dalam penyediaan infrastruktur kesehatan yang diteken Menteri Kesehatan RI pada 28 Agustus 2018 kemarin.

Permenkes No 40/2018 insert H.Usman

KPBU sendiri pada Permenkes 40 tahun 2018 itu, dijelaskan adalah kerjasama antara pemerintah dan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur, untuk kepentingan umum dengan mengacu kepada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh penanggung jawab proyek kerjasama.

“Permenkesnya sudah turun, jadi tidak ada lagi alasan penolakan KPBU ini,” ujar H.Usman anggota Banggar DPRD Sidoarjo dari FPKB, Senin (17/9/2018).

Pada ayat 1 pasal 3 Permenkes no 40 tahun 2018 itu disebutkan Infrastruktur kesehatan yang dapat dikerjasamakan dalam skema KPBU dalam Penyediaan Infrastruktur Kesehatan meliputi rumah sakit, Puskesmas atau klinik, laboratorium kesehatan dan politeknik kesehatan.

Selain infrastruktur sebagaimana dimaksud pada ayat (1), fasilitas kesehatan lainnya dapat dikerjasamakan dalam skema KPBU setelah ditetapkan oleh Menteri.

Dalam hal Penyediaan Infrastruktur Kesehatan berupa penyediaan sumber daya manusia sebagaimana dimaksud pada ayat (1), maka harus disertai dengan penyediaan bangunan, prasarana, dan peralatan medis.

“Kelebihan KPBU ini, bagitu Peresmian RSUD nanti, langsung bisa operasional penuh 100 persen. Beda dengan APBD yang bila kita lihat di Rumah Sakit BDH Surabaya,Rumah Sakit Kediri dan Rumah Sakit Kertosono, untuk pemenuhan SDM nya masih mencari cari,” ujar Usman.

Politisi PKB ini juga menyatakan, diprediksi dari pendapatannya nanti, akan bisa membiayai ke pihak pembangun n operatornya.

Sehingga APBD tidak perlu untuk membayar biaya, baik pembangunannya maupun oprasional selamanya,” jelas Usman lagi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo H.M.Zaini berharap pasca turunnya SK Kemenkes No 40 tahun 2018 ini, tidak ada lagi perdebatan di dalam gedung dewan.

Karena dasar hukum yang dibuat landasan KPBU sudah turun dan bisa dijadikan acuan.

“Saya harap tidak ada lagi pertentangan soal pembangunan RSUD Sidoarjo barat dengan sistem KPBU. Karena dasar hukumnya sudah ada,” ujar Sekda.

Dari data yang ada, tujuan KPBU di bidang kesehatan adalah tersedianya infrastruktur dan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat.

Sehingga dapat mengurangi kesenjangan akan sarana prasarana, dan memenuhi layanan kesehatan yang berkualitas, dengan melibatkan peran serta swasta.

Manfaat KPBU bidang kesehatan adalah percepatan penyediaan pelayanan kesehatan, memperluas akses meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil, dan merata,melindungi kesehatan masyarakat, serta mendorong terciptanya inovasi atau terobosan ilmu pengetahuan danteknologi. (Abidin)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Validasi Data Pemilih Tetap, KPU Terus Sosialisasikan Posko GMHP

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu, ...

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

RSD Sidoarjo Raih Indonesia Markets Festival

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Pelayanan publik RSUD Kabupaten Sidoarjo, berhasil ...

Seribu Lebih Atlit Bulutangkis Ikuti Kejurkab Piala Bupati Sidoarjo

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com) - Seribu lebih atlit bulutangkis dari ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis