info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Ayo, Wajib Pajak Segera Laporkan SPT Pajak Penghasilan | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Saturday, 23 March 2019
adis

Ayo, Wajib Pajak Segera Laporkan SPT Pajak Penghasilan

Published on March 12, 2019 by   ·   No Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Wajib pajak badan atau perusahaan dan wajib pajak pribadi, berkewajiban untuk melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT)  pajak penghasilan.

Batas waktu pelaporan SPT tahunan untuk wajib pajak badan, SPT tahunan harus disampaikan paling lama empat bulan setelah ahkir tahun pajak.

Sementara batas waktu menyampaikan SPT tahunan untuk wajib pajak orang pribadi paling lama tiga bulan setelah ahkir tahun pajak.

“Bila tidak disampaikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentapkan, maka wajib pajak akan dikenakan sanksi,” kata Lusiana Kakanwil DJP Jatim II kepada wartawan di Kantor Pajak Wil Barat Sidoarjo, Selasa  (12/3/2019).

Lusiana mengatakan, sanksi tersebut sesuai dengan undang-undang memang tidak terlalu besar. Untuk wajib pajak bafan atau perusahaan sebesar Rp 1 juta.

Sedangkan untuk wajib pajak perseorangan atau pribadi sebesar Rp 100 ribu.

“Sanksi tersebut untuk kepentingan tertib administrasi perpajakan. Dan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya,” tambah Lusiana.

Lebih lanjut Lusiana menjelaskan, setelah periode penyampaian SPT tahunan berakhir di bulan Maret dan bulan April. Selanjutnya DJP Jatim II akan memeriksa wajib pajak yang belum menyampaikan SPT tahunan. Alhamdulillah animo wajib pajak di Sidoarjo ini sangat luar biasa.

“Sebenarnya menyampaikan SPT tahunan wajib pajak tidak perlu datang ke Kantor Pajak. Alangkah baiknya melaporkan secara online, dengan menggunakan e-filling. Kalau belum mengetahui caranya silahkan bertanya ke petigas yang ada,” jelas Lusiana.

Di tempat yang sama Sri Mukhodim Farida Hanun (49) warga Wonoayu Sidoarjo ini mengaku hari ini sedang menyampaikan SPT tahunan pribadi dengan sistem manual. Menyampaikan laporan SPT tahun selesai baru belajar menggunakan sistem e-filling.

“Setelah mendapatkan bimbingan dari petugas pajak, menggunakan e-filling cukup mudah. InsyaAllah tahun depan akan menggunakan sistem e-filling,” kata Hanum.

Hal yang sama disampaikan oleh Abdul Malik Wahyudi  (50) warga Wonoayu, dan Khoirul Dafam Ghozali (50) warga Balongbendo Sidoarjo, merwka mengatakan penyampaian SPT tahunan masih menggunakan manual lantaran takut salah.

“Kami selalu aktif menyampaikan SPT tahunan, tapi dengan sistem manual. Antri tidak masalah, yang penting kami setiap tahun rutin melaporkan,” tandas mereka. (kb1)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Songsong Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Gencarkan Sosialisasi Pemanfaatan Formulir A5

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Tahapan sosialisasi menjelang Pemilu 17 April ...

Capaian Istimewa Direktur RSUD Sidoarjo, Raih PPT Pratama Teladan 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Penghargaan diraih Direktur RSUD Sidoarjo, dr. ...

Validasi Data Pemilih Tetap, KPU Terus Sosialisasikan Posko GMHP

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu, ...

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis