info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Komisi B Ajukan Raperda Sistem Pajak Daerah Secara Elektronik | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Sunday, 5 July 2020

Komisi B Ajukan Raperda Sistem Pajak Daerah Secara Elektronik

Published on Juni 11, 2020 by   ·   No Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Komisi B DPRD Sidoarjo yang membidangi perekonimian dan keuangan daerah, mengusulkan Raperda Inisiatif Tentang SISTEM PAJAK DAERAH SECARA ELEKTRONIK.
Usulan Raperda ini, disampaikan secara resmi melalui rapat paripurna DPRD Sidoarjo, Kamis (11/6/2020).

Dalam penyampainnya di hadapan peserta paripurna yang juga digelar secara online ini, Bambang Pujianto ketua komisi B DPRD Sidoarjo menyatakan untuk menyelenggarakan urusan perpajakan di Kabupaten Sidoarjo, Pemerintah Daerah memang telah menetapkan beberapa peraturan daerah tentang pajak daerah yang disusun berdasarkan setiap jenis pajak daerah.

Bambang Pujianto ketua komisi B DPRD Sidoarjo

Namun demikian, seluruh peraturan daerah tersebut tidak mengatur mengenai tata cara pembayaran dan pelaporan yang dilaksanakan melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi.

“Padahal, metode transaksi perpajakan secara elektronik merupakan hal yang niscaya di zaman kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang,” ujar Bambang.

“Dengan demikian, sudah selayaknya apabila kebijakan sistem perpajakan daerah di Kabupaten Sidoarjo diselaraskan dengan kebijakan sistem perpajakan nasional yang diselenggarakan secara elektronik melalui penggunaan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” ulas Bambang lagi.

Selanjutnya politisi partai Gerindra ini memaparkan, dalam konteks sistem perpajakan daerah di Kabupaten Sidoarjo, secara empiris penggunaan teknologi informasi dalam transaksi perpajakan memberikan sekurang-kurangnya 4 (empat) keuntungan, baik bagi Pemerintah Daerah maupun bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo.

Yakni meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam transaksi pembayaran, penyetoran, data usaha wajib pajak, dan pelaporan wajib pajak.

Meminimalisasi kehilangan potensi pendapatan Pajak Daerah guna meningkatkan penerimaan Daerah dari sektor perpajakan.

Mewujudkan penyelenggaraan administrasi perpajakan Daerah yang efektif dan efisien.

Dan memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam melakukan pemenuhan atas kewajiban Pajak Daerah.

“Oleh karena pembangunan dan pengembangan sistem elektronik tersebut memerlukan pembiayaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, maka perlu persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo dengan menuangkannya ke dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo tentang Sistem Pajak Daerah Secara Elektronik,” jelas Bambang.

Sementara itu menurut Adhi Syansetyo
Sekretaris komisi B DPRD Sidoarjo
Usulan Raperda inisiatif ini, akan masuk pada PROPEMPERDA dulu, sebelum nantinya dibentuk Pansus untuk pembahasan isi Perdanya.

“Memang Raperda ini belum masuk pada Propemperda karena tahun 2019 sempat ditolak Propinsi karena sudah ada Perbupnya.Namun setelah dijelaskan persoalan pajak online ke Bagkum propinsi Jawa Timur, bahwa perda ini mengatur sistem pembayarannya secara online, maka diberi lampu hijau untuk bikin Perda pada tahun 2020 ini,” tutup Adi Syamsetyo.(Abidin)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Songsong Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Gencarkan Sosialisasi Pemanfaatan Formulir A5

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Tahapan sosialisasi menjelang Pemilu 17 April ...

Capaian Istimewa Direktur RSUD Sidoarjo, Raih PPT Pratama Teladan 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Penghargaan diraih Direktur RSUD Sidoarjo, dr. ...

Validasi Data Pemilih Tetap, KPU Terus Sosialisasikan Posko GMHP

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu, ...

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis