info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Gugah Minat Baca Anak Usia Dini, Dosen Umsida Hadirkan Kantong Buku Perpustakaan Ramah Anak | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Sunday, 5 July 2020

Gugah Minat Baca Anak Usia Dini, Dosen Umsida Hadirkan Kantong Buku Perpustakaan Ramah Anak

Published on Juni 15, 2020 by   ·   No Comments

SUKODONO (kabarsidoarjo.com)- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggugah minat baca anak-anak usia dini, terutama di lingkungan sekolah paling bawah yakni PAUD dan TK.

Salah satunya, dengan mendesign sebuah taman baca ramah anak di rungan kelas sedemikian rupa, seperti yang dihadirkan oleh Anita Puji Astutik S.Ag.MPd I bersama tim Abdimas Internal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 2 Sukodono ini.

Anita menunjukkan kantong buku karyanya

Saat ditemui di TK ABA 2 Sukodono, Senin (15/6/2020), Anita Puji Astutik S.Ag.MPd I menunjukkan konsep taman baca ramah anak ini, berupa kantong penyimpan buku bacaan anak dengan multi indikator.

“Kantong penyimpanan buku bacaan anak ini, selain ramah lingkungan, juga mengusung konsep multi lndikator untuk memgasah kemampuan anak. Yakni pengenalan dan klasifikasi angka, pola warna warni kantong, pola gambar buah dan pola gambar trasportasi,” ujar Anita.

Dengan konsep multi indikator ini, maka siswa selain belajar mengenal objek benda, juga bisa belajar disiplin dengan mengembalikan buku bacaan, sesuai angka yang ada di buku dengan di kantong buku.

“Dengan begitu, karakter anak akan bisa dituntun bertanggung jawab merapikan buku bacaan, dan bisa mandiri melalui taman baca ini,” ujar Anita lagi.

Dari mana sebenarnya ide membuat kantong baca ramah anak ini?, ternyata menurut Anita yang juga salah satu Dosen di Umsida ini, berangkat dari pengalaman melihat susahnya petugas perpustakaan yang merapikan buku di rak penyimpan.

“Kadang anak-anak inikan serampangan mengembalikan buku bacaannya setelah dipinjam. Karenanya, kita bersama tim, mencoba mengajukan proposal melalui program kemitraan masyarakat berbasis al Islam kemuhammadiyahan, yang akhirnya disetujui dengan membuat kantong buku taman Baca Ramah Anak di TK ABA 2 Sukodono ini,” terang Anita lagi.

Sementara itu ditemui terpisah, Koli’ah Kepala Sekolah Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sukodono mengaku sangat terbantu dengan keberadaan perpustakaan ramah anak yang diinisiasi oleh Anita Puji Astutik S.Ag.MPd I bersama timnya ini.

Karena memang, keberadaan buku bacaan yang ada di TK ABA 2 sebelumnya masih hanya beberapa seadaanya.

“Alhamdulilah ada program ini, menjadi jumlah buku bacaan kita bertambah banyak. Dan kita yakin minat baca anak dan membentuk jiwa disiplin anak akan semakin mudah nantinya,” ungkap Koli’ah.

Beberapa buku yang sudah disiapkan Anita bersama tim di taman baca ramah anak ini, diantaranya buku cerita nabi-nabi, buku cerita rakyat dan buku motivasi anak bergambar. (Abidin)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Songsong Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Gencarkan Sosialisasi Pemanfaatan Formulir A5

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Tahapan sosialisasi menjelang Pemilu 17 April ...

Capaian Istimewa Direktur RSUD Sidoarjo, Raih PPT Pratama Teladan 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Penghargaan diraih Direktur RSUD Sidoarjo, dr. ...

Validasi Data Pemilih Tetap, KPU Terus Sosialisasikan Posko GMHP

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu, ...

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis