info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Pengelolahan PBB Kini Ditangani Pemkab Sidoarjo | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Saturday, 19 April 2014

Pengelolahan PBB Kini Ditangani Pemkab Sidoarjo

Published on January 4, 2012 by   ·   2 Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Pemberlakukan Undang-undang No 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, menjadikan peluang pengelolahan pajak oleh daerah bertambah luas.

Hal ini dibuktikan, dengan diserahkan kewenangani pengelolahan Pajab Bumi Dan Bangunan Pedesaan Dan Perkotaan (PBBP2) kepada Pemkab Sidoarjo, dari kementrian keungan pusat.

Bupati menerima database objek PBB dari Kakanwil Dirjen Pajak II

Menurut Kepala Dinas Pengelolahan Pendapatan Dan Aset Pemkab Sidoarjo Djoko Sartono,  pengalihan pajak yang efektif pada Januari 2012 ini, otomatis akan menjadi sumber pendapatan asli daerah tambahan, setelah sebelumnya ditangani oleh pemerintah pusat.

“Secara otomatis, pendapatan daerah dari sektor pajak in,i akan bertambah seiring pelimpahan kewenangan tersebut,” terang   Djoko disela-sela penyerahan secara simbolis kewenangan pengelolahan PBBP2 antara Kepala Kantor Direktorat Jenderal Pajak II Jawa Timur dengan Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH.MHum, Rabu (4/1/2011)di kantor pendopo Kabupaten.

Masih menurut Djoko Sartono, sebagai tahapan awal untuk penyesuaian tugas tersebut, pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan.

Diantaranya persiapan regulasi, sarana dan prasarana, persiapan SDM, persiapan SOTK serta melakukan kordinasi dengan instansi terkait untuk teknis pelaksanaan pembayaran PBB.

“Kita juga sudah melakukan pelatihan dan pembinaan SDM kepada 22 tenaga DPPKA, untuk persiapan pengalihan data base jumlah objek pajak yang dilimpahkan ke daerah,” ulas Djoko lagi.

Dari data yang ada, angka penerimaan pajak PBBP2 dari warga Sidoarjo yang sudah masuk di database  Kantor Dirjen Pajak II Jawa Timur, mencapai nilai Rp 102 miliyar

Angka tersebut didapatkan, dari 600 ribu objek pajak seluruh Sidoarjo.

“Angka ini bisa bertambah, karena Pemkab Sidoarjo pasti memiliki jumlah pasti objek pajak di wilayahnya,” tutur Erwin Silitongah Kakanwil Dirjen Pajak II Jatim saat ditemui di Pendopo. (Abidin)

Readers Comments (2)

  1. Windarto says:

    Dengan pengalihan bukan berarti terjadi kemunduran pelayanan. Saya sampai tgl 15 agt 2012 ini tidak dapat melakukan pembayaran secara online melalui bank yang biasa menyelenggarakan pembayaran pajak online. Mohon perhatian dari pemkab Sidoarjo.

  2. Ading says:

    bagaimana cara pembayarannya tidak dijelaskan? kenapa bayar lewat ATM tidak bisa? apa brarti harus lewat kecamatan saja? kantor kecamatan dengan tempat kerja saya jauuuh. masak untuk keperluan bayar PBB saja harus ambil cuti dulu. betul, ini kemunduran pelayanan namanya :(





− five = 1

Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Bupati memberikan sambutan peresmian kantor MWC NU Sedati

Resmikan Kantor MWC NU Sedati, Bupati Sisipkan Pesan Moral

SEDATI (kabarsidoarjo.com)-Pembangunan kantor MWC NU Kecamatan Sedati yang ...
Ny. Anik Saiful Ilah menyerahkan bantuan

Pengerajin Kulit Terima Bantuan Dari Propinsi

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)-KUB (Kelompok Usaha Bersama) “Mandiri” Desa Kedensari ...

Terus Lakukan Ops Kendaraan Bermotor

Hal itu menurut AKP Tommy Ferdian Kasatlantas Polres ...
Drs.Heru SH

Apresiasi Perbaikan Jalan Krembung-Prambon

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PU ...
Bupati saat menerima penghargaan sebagai tokoh inspiratif

Bupati Minta KNPI Sidoarjo Aktif Dalam Pembangunan Daerah

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH.MHum meminta ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis