info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Berikan Hak Anak, Raih Tiga kali Penghargaan Kabupaten Layak Anak | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Monday, 20 November 2017
iklan

Berikan Hak Anak, Raih Tiga kali Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Published on November 9, 2015 by   ·   No Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Kabupaten Sidoarjo dari tahun 2012, 2013 dan tahun 2015 di bawah kepemimpinan bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah (31 Oktober 2010-31 Oktober2015), tercatat mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anah dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,karena dinilai peduli dan ramah terhadap anak.

Pada Oktober 2012, Penghargaan KLA itu diberikan, salah satunya dengan memberi ruang tempat bermain dan pendidikan yang layak untuk anak.

H.Saiful Ilah Bersama Presiden RI Ir.Joko Widodo

Terpilihnya Kabupaten Sidoarjo sebagai KLA, karena pemberian hak-hak anak dinilai telah dilakukan dengan baik dan layak oleh Pemkab Sidoarjo.

Hak anak seperti mendapatkan pendidikan, kesehatan, tempat atau taman bermain, hak untuk tumbuh dan berkembang, serta mendapatkan akta kelahiran gratis dan hak paritisipatif dapat dipenuhi dengan baik oleh Sidoarjo.

Segala upaya terus dilakukan secara berkesinambungan, agar bisa memenuhi kriteria pemenuhan hak anak di Kabupaten Sidoarjo serta penilaian sebagai KLA.

Tapi yang terpenting adalah upaya untuk melaksanakan UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Yakni untuk mentransformasikan hak anak ke dalam proses pembangunan.

Penilaian kota/kabupaten peraih KLA dilakukan oleh tim secara independen yang terdiri dari para ahli anak.

Dimana, tim independen turun langsung ke lapangan untuk menilai kota/kabupaten yang layak merahi penghargaan KLA. Meski tanggung jawab utama untuk melindungi, mendidik, dan mengembangkan anak terletak pada keluarga, namun segenap lembaga pemerintah dan masyarakat harus turut membantu.

Karena itu, penghargaan KLA juga diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai menghormati hak anak dan menjamin kesejahteraan anak, serta memberikan bantuan dan bimbingan yang layak bagi orangtua, keluarga, wali, dan pihak pihak yang mengasuh anak.

Selanjutnya pada Juli 2013, Kabupaten Sidoarjo ditasbihkan lagi menjadi kabupaten layak anak, dan meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak dan Peduli Anak Kategori Madya dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, di Jakarta.

Penghargaan ini diraih Sidoarjo setelah membuktikan komitmennya dalam mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang ramah dan layak bagi tumbuh-kembangnya anak-anak di Sidoarjo. “Ini penyemangat untuk berbuat lebih baik dalam upaya pemenuhan hak-hak anak,” cetus Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah usai menerima penghargaan waktu itu.

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar.
Penghargaan diraih setelah Sidoarjo memenuhi sejumlah kriteria perlindungan anak, meliputi kesehatan dasar, pendidikan, pola pengasuhan dan pemanfaatan waktu luang untuk kegiatan seni budaya.

Selain penghargaan itu, Kabupaten Sidoarjo juga meraih penghargaan Pelayanan Terbaik Bidang Pembuatan Akte Kelahiran Gratis Tahun 2013.

Dan terakhir pada Agustus 2015 kemarin, Penghargaan Kabupaten Layak Anak diterima kembali Kabupaten Sidoarjo untuk kali ketiga.
Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kabupaten Sidoarjo karena dianggap mampu menangani persoalan sosial dan kekerasan terhadap anak.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kabupaten Sidoarjo, Drs. Ec. M. Ali Imron menjelaskan, penghargaan ini tak lepas peran dari masyarakat dan pihak terkait utamanaya beberapa lembaga yang menangani Perlindungan Perempuan dan anak.

Diantaranya, Pusat Pelayanan Terpadu Pelindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) serta Forum Anak Sidoarjo (FAS), yang kegiatannya memberikan sosialiasi dan motivasi kepada anak sekolah.
Misalnya sosialisasi akan bahaya miras dan narkoba.

“Kabupaten Sidoarjo melalui P2TP2A yang menangani kasus kekerasan terhadap anak sangat membantu sekali perannya dalam pencegahan kekerasan terhadap anak, dimana sudah banyak laporan yang masuk dan segera ditangani dengan baik, melalui pendampingan yang baik dari petugas P2TP2A persoalan kekerasan terhadap anak terus berkurang,” ujar Ali Imron.

Menurut data Kemeneg PP dan PA, dari 240 juta penduduk Indonesia saat ini, sekitar 70 persennya merupakan kaum perempuan dan anak-anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menetapkan Kabupaten Sidoarjo sebagai Kota Layak Anak Tahun 2015.

Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum pada peringatan Puncak Hari Anak Nasional di Istana Bogor, (Selasa, 11/8/2015). (Abidin)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

KONI Kecamatan Terbentuk, PSSI Berharap Muncul Bibit Pesepak Bola Handal

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Pasca pelantikan KONI tingkat kecamatan se ...

Resmi Dilantik Jadi Ketua HIPMI Sidoarjo, Nur Mimfaita Siap Mencetak Pengusaha Muda Yang Handal

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Secara resmi pasca dipilih secara aklamasi ...

Peringati HAORNAS 2017, Bupati Serahkan Penghargaan Kepada Atlit

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017, ...

Klinik Medis NU Tulangan Mulai Dirasakan Manfaatnya

TULANGAN (kabarsidoarjo.com)- Keberadaan klinik Medis Nahdlatul Ulama di ...

Arek Sidoarjo Bangga Diundang Ke Markas Google

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Kabupaten Sidoarjo patut berbangga, lantaran salah ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis

Authentic Jerseys Wholesale | football jerseys wholesale | football jerseys wholesale | throwback nba jerseys | Wholesale Soccer jerseys | chinese wholesale jerseys | Cheap NFL Jerseys | Wholesale Jerseys