info lowongan kerja info lowongan kerja info lowongan kerja
Lahan PG Toelangan Mangkrak, Komisi D Tawarkan Konsep Wisata Edukasi Industri Dan Pusat Kuliner | kabarsidoarjo.com
area dewasavideo bokepcerita panas cerita panasFilm pornofoto panas reverse osmosisfilter air minumpabrik air minum Hacker indonesiaorang gantengtrainer seo resep kulinerresep makananresep nusantara berita terupdateBerita unikberita lucus
Wednesday, 23 October 2019

Lahan PG Toelangan Mangkrak, Komisi D Tawarkan Konsep Wisata Edukasi Industri Dan Pusat Kuliner

Published on Oktober 7, 2019 by   ·   No Comments

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sudah tiga tahun sejak 2016 lalu, Pabrik Gula (PG) Toelangan berhenti beroperasi bersama PG Watu Tulis Prambon.

Dan sayangnya, lahan seluas 8 hektar dimana PG Toelangan berdiri sejak tahun 1850 ini, belum juga dimanfaatkan oleh PTPN X untuk kegiatan apapun.

Komisi D DPRD Sidoarjo saat di dalam PG Toelangan

Melihat hal ini, komisi D DPRD Sidoarjo yang membawahi persoalan pendidikan dan pariwisata, mencoba menawarkan konsep wisata edukasi industri dan kuliner di lahan PG Toelangan ini, yang diawali dengan kunjungan ke lokasi, Senin (7/10/2019).

“Sayang sekali jika ada lahan luas dan berdiri bangunan bersejarah ini, tidak dimanfaatkan untuk sebuah pusat edukasi dan rekreasi masyarakat. Dengan kunjungan kerja ini, kita akan coba melakukan komunikasi dengan managemen PG Toelangan maupun PTPN X, agar eks PG Toelangan ini bisa berfungsi lagi sebagai pusat rekreasi dan pendidikan,” ujar Damroni Chudlori saat berada di lokasi.

Saat berada di PG Toelangan, rombongan komisi D dan Dinas Pariwisata, berkesempatan melihat dari dekat kondisi pabrik dan mesin-mesin pabrik yang tidak lagi beroperasi.

Sesekali rombongan mendapatkan penjelasan dari Satpam PG Toelangan, kondisi pabrik hingga informasi masuknya investor yang sempat akan menjadikan PG Toalangan sebagai pusat rekreasi meskipun akhirnya gagal.

“Dari informasi yang kita terima ini, sebenarnya sudah ada Detil Enginering Design (DED) pada tahun 2016 lalu, yang merubah konsep PG Toelangan ini menjadi wisata'” jelas Damroni.

Dengan bekal informasi ini lanjut politisi PKB ini, komisi D segera akan mengundang managemen PG Toelangan, untuk mendapatkan detail DED itu, sehingga nantinya benar-benar bisa diwujudkan PG Toelangan sebagai pusat wisata edukasi dan kuliner di Kecamatan Tulangan.

Selain Damroni Chudlori selaku ketua komisi D DPRD Sidoarjo, dalam kunjungan ini turut mengawal dua anggota Komisi D yakni Hj Ainun Jariyah dan Ali Sutjipto serta Zahlul Yusar wakil ketua komisi D.

Hadir juga sekretaris Dinas Pemuda Pariwisata Sidoarjo beserta beberapa staffnya, serta perwakilan dari PG Toelangan. (Abidin)

Readers Comments (0)




Update Lumpur Lapindo

Prestasi Sidoarjo Terkini

Songsong Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Gencarkan Sosialisasi Pemanfaatan Formulir A5

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Tahapan sosialisasi menjelang Pemilu 17 April ...

Capaian Istimewa Direktur RSUD Sidoarjo, Raih PPT Pratama Teladan 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Penghargaan diraih Direktur RSUD Sidoarjo, dr. ...

Validasi Data Pemilih Tetap, KPU Terus Sosialisasikan Posko GMHP

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu, ...

Ribuan Warga Ikuti Senam Poco-Poco

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Ribuan warga Sidoarjo ikuti senam poco-poco ...

Cari Bibit Atlit Handal Lewat Porkab 2018

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Dalam menggali potensi bibit-bibit atlet yang ...

Kabar Lingkungan Sidoarjo

Batik Jetis